Uncategorized

MAY DAY ! MAY DAY !

DSC_0100

DSC_0107

DSC_0131

DSC_0159

DSC_0210

DSC_0088

CSC_0217

Mayday atau Demo buruh dilaksanakan setiap 1 Mei tiap tahunnya. Sekitar 800 ribu buruh dari berbagai wilayah seperti Jakarta, Bekasi, Depok, Bogor, dll, memadati kawasan-kawasan tertentu yang ditetapkan sebelumnya sebagai lokasi untuk menyuarakan aspirasi mereka, terutama di Jakarta dan sekitarnya.

Lokasi kegiatan demo buruh tahun ini pun berbeda, lantaran bersamaan dengan agenda rutin pemerintah tiap hari minggu di kawasan Bundaran HI, Jakarta:

  1. Pukul 10.00 – 12.00 WIB Istana Negara
  2. Pukul 12.00 WIB Long March menuju GBK
  3. Pukul 13.00 – 14.00 WIB adalah kegiatan May Day Fiesta 2016 dengan bintang tamu Gigi dan Marjinal.

Beberapa tuntutan yang disuarakan oleh para buruh:

  1. Cabut PP. No 78-2015 tentang pengupahan.
  2. Naikkan upah minimun 30%
  3. Stop PHK massal
  4. Dukung Tab. Perumahan Rakyat untuk buruh.

Portrait para buruh ….

1

Zainah (36) Bekerja di PT OFN Purwakarta. Harapannya untuk buruh terutama buruh perempuan adalah penghapusan UU 78, sistem kontrak harus ditiadakan karena sistem kontrak yang terus-menerus tanpa ada batasnya, diadakannya cuti haid atau datang bulan dan akses BPJS agar lebih mudah digunakan untuk kami para buruh, dan perubahan yang lebih baik.

2

Budi (38) bekerja di PT SMURVIT Cikarang. Harapan untuk buruh Indonesia adalah pemerintah memperhatikan buruh agar berimbang dalam segi pendapatan atay upah. Karena di Indonesia upah disama ratakan antara yang berkeluarga atau yang lajang. Sedangkan pengeluarannya pasti berbeda-beda, pemerintah harus memperhatikan nasib buruh Indonesia.

3

Pujiati (40) bekerja di PT. DKI Jakarta. Harapan Puji untuk buruh di Indonesia adalah kesejahteraan, terutama tentang kesehatan dan BPJS yaitu agar diperbaiki karena pelayanannya yang menyedihkan bagi buruh dan anggota keluarganya. Yang kedua tentang UMP Sektoral yaitu tidak perlu didemo atau diaksi karena sudah ada. Harapan untuk buruh perempuan adalah cuti melahirkan selama 14 minggu yang sebelumnya hanya cuti tiga bulan, kami berharap agar ditambah selama satu bula cuti kelahiran.

4

Yuda (22) bekerja di PT Musashi Karawang. Harapannya untuk buruh Indonesia adalah untuk pengupahan tentang PP Pengupahan tahun 2015 nomor 28. Agar pengupahan lebih adil untuk para buruh. Karena biaya hidp di Cikarang lebih mahal. 

5

Ali Kosim (42) bekerja di PT. Crestee Indonesia, Bekasi. Harapannya adalah PP no 78 tahun 2016 harus dicabut karena menghilangkan hak-hak buruh dan berunding masalah upah. Yang kedua masalah outsourcing dan juga kontrak harus lebih bai lagi dan yang ketiga masalah penangkapan aktifis buruh yang memperjuangkan hak buruh di Indonesia tentang kesejahteraan buruh.

WORKERS OF THE WORLD, LET’S UNITE !!!

Advertisements
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s